27 April 2009

Sarasehan Nasional ABC

Tawangmangu, 15-16 April 2009

Acara Sarasehan Nasional ABC (Arafah Business Community) yang diselenggarakan pada hari Rabu-Kamis, 15-16 April 2009, bertempat di Villa Al Irsyad Tawangmangu Karanganyar, telah menyepakati pembentukan Dewan Pengurus Pusat dan Dewan Pengurus Daerah.

Arafah Buisness Community (ABC) adalah komunitas bisnis muslim yang bekerja sama dan berpegang teguh pada prinsip-prinsip keadilan, ta’awun, dan tanggung jawab sosial.

Visi ABC
Menjadi jaringan komunitas bisnis pengusaha muslim berdasarkan syariah Islamiyah.

Misi ABC
1. Mewujudkan silaturahmi di antara pelaku-pelaku bisnis, baik perorangan maupun lembaga yang memiliki kesamaan visi.
2. Menyediakan informasi dan memberikan pelatihan bisnis serta fungsi-fungsi lain yang diperlukan.
3. Membangun sinergi dan kemitraan di antara perorangan dan lembaga yang terlibat dalam wadah ABC.
4. Menjadi katalisator bagi seluruh pihak terkait guna pengembangan aktivitas ekonomi syariah dalam seluruh makna yang terkandung di dalamnya.
5. Memfasilitasi kegiatan bisnis yang mengikuti syariah islamiyah

RUANG LINGKUP ABC (ARAFAH BUSINESS COMMUNITY)

Arafah Business Consulting (jasa konsultasi)
Arafah Business Consulting membuka jalur komunikasi dan konsultasi dengan para klien melalui telepon, website, millis dan media penyiaran lainnya. ABC juga membantu klien untuk konsultasi dan bahkan bila perlu membantu mereka sampai fase implementasi dalam meningkatkan kinerja bisnis atau untuk mencapai tujuan strategis dengan memberikan rekomendasi yang realistis dan berorientasi hasil. Saat ini di ABC telah bergabung konsultan manufacure dan jasa di bidang tekstil (desainer dan analisa bahan), arsitektur dan property, IT, photography, advokasi, pharmacy, dll

Arafah Business Coaching (pendampingan, mediasi)
Arafah Business Coaching adalah program pendampingan klien dalam membuat blue print yang bisa diimplementasikan dan menyusun langkah-langkah strategis yang secara realistis dapat dilakukan oleh institusi klien dan memiliki nilai strategis serta potensi hasil yang tinggi.

Arafah Business Communication (Media penyiaran)
ABC secara aktif melakukan komunikasi intensif dengan para member melalui majalah, website, blog, millis, surat kabar, social media , bahkan melalui berbagai pameran dan seminar.

Arafah Business Conference (Seminar dan Pelatihan)
Program penyiaran ABC salah satunya berupa penyelenggaraan Business Conference, forum bisnis, chat conference, seminar, workshop, dan pelatihan bisnis.

Arafah Business Contest (Pameran dagang)
Program pameran diselenggarakan ABC untuk mengenalkan produk-produk yang aman kepada masyarakat muslim dan menggugah minat mereka untuk menekuni dunia usaha. Acara ini sekaligus diharapkan bisa menjadi sarana bagi para pengusaha muslim meningkatkan image produk dan perusahaanya di Islamic Trading Fair. Satu langkah mudah memperluas pasar, brand mark serta mencari informasi produk apa yang paling diminati pasar.

Arafah Business direCtory
ABC menyediakan data base bisnis member ABC, Peluang Usaha, konsumsi belanja harian wilayah, komoditas dan produk unggulan .

Arafah Business Concepct store
Setiap perwakilan ABC mempunyai program membangun toko bersama sebagai lini penjualan langsung sekaligus tempat belanja anggota (mini market / koperasi serba usaha). Sebuah toko yang bisa menampung semua produk anggota ABC serta memusatkan pembelian kaum muslimin di suatu tempat.

Arafah Business Certificate (sertifikasi)
ABC menerbitkan sertifikat kelayakan bisnis / produk member ABC yang telah melalui uji kelayakan oleh Tim verifikasi ABC

Arafah Business Commodity
ABC mengupayakan terselenggaranya lalu lintas komoditas melalui skema saling menguntungkan baik di tingkat produsen maupun konsumen (produk khas wilayah dan potensi daerah)

Arafah Business Concept
Memulai bisnis yang baik membutuhkan sebuah konsep. Membuat konsep bisnis memerlukan kejelian pebisnis dalam melihat persaingan di pasar. Bisa jadi, sebuah konsep dengan pendekatan-pendekatan yang sederhana, namun langsung menuju pada pemecahan masalah, sehingga produk atau jasa mudah diterima oleh pasar. ABC menyediakan tenaga ahli yang akan membantu sesama anggota ABC dalam merumuskan konsep bisnis, uji kelayakan bisnis dan membuka peluang usaha.

Arafah Business eCommerce
eCommerce merupakan suatu layanan transaksi keuangan dalam bentuk elektronik , perpaduan antara traditional business (off-line) dengan pemanfaatan IT untuk meningkatkan produktifitas, efisiensi pelaksanaan pekerjaan tradisional. ABC berperan sebagai regulator untuk menjamin keamanan transaksi anggota untuk menjamin kerahasiaan (Confidentiality), otentik (pengirim dan penerima), dan integritas (kesesuaian data).

Arafah Business Consumer goods
ABC akan mengusahakan ketersediaan produk kebutuhan harian yang tahan lama, baik yang sudah ada maupun yang sedang direncanakan melalui program migrasi belanja harian. Penyediaan produk ini didasarkan pada data riil kebutuhan masyarakat setempat.

Arafah Business franChising
Franchise sudah jadi trend besar dalam strategi percepatan pertumbuhan usaha. Bahkan, melalui franchise akan memodernkan jalur distribusi produk. Terjadinya krisis keuangan global yang melanda dunia agaknya mulai menggerus beberapa sektor bisnis. Namun sektor franchise, diyakini beberapa pengamat franchise akan tetap tumbuh di tahun 2009. Asumsi tersebut sangat beralasan, terlebih berkaca dari kejadian krisis moneter tahun 97-98 bisnis waralaba mengalami kenaikan yang sangat tajam. Banyaknya pemutusan hubungan kerja dan pengangguran, malah berimbas mendorong bisnis franchise tumbuh signifikan. ABC akan memfasilitasi tumbuhnya bisnis waralaba anggota melalui produk usaha unggulan anggota.

Arafah Business Charity
Program CSR atau ABC menyebutnya Community Social Responsibility merupakan bentuk tanggung jawab sosial dari ABC sebagai sebuah komunitas bisnis terhadap masyarakat dan lingkungannya. Sebagaimana galibnya sebuah perusahaan yang ingin melakukan kegiatan usahanya secara berkesinambungan, maka niscaya untuk melakukan program CSR dengan sebaik baiknya.

Arafah Business Comment
Fatwa (Comment) merupakan salah satu institusi dalam hukum Islam untuk memberikan jawaban dan solusi terhadap problem yang dihadapi umat. Bahkan umat Islam pada umumnya menjadikan fatwa sebagai rujukan di dalam bersikap dan bertingkah laku. Sebab posisi fatwa di kalangan masyarakat umum, laksana dalil di kalangan para mujtahid.
Kehadiran fatwa-fatwa ini menjadi aspek organik dari bangunan ekonomi islami yang tengah ditata / dikembangkan, sekaligus merupakan alat ukur bagi kemajuan ekonomi syari’ah. Fatwa ekonomi syari’ah yang telah hadir itu secara teknis menyuguhkan model pengembangan bahkan pembaharuan fiqh muamalah maliyah. (fiqh ekonomi)


Comments :

0 komentar to “Sarasehan Nasional ABC”


Posting Komentar