02 Februari 2010

Kampung Wisata Batik Kauman Solo


Kampoeng Batik Kauman merupakan sebuah upaya masyarakat lokal dalam merefitalisasi Batik baik sebagai Produk kesenian dan budaya maupun batik sebagai kekuatan ekonomi masyarakat.

Di Solo ada dua komunitas besar yang bergelut dengan batik, Kampoeng Batik Laweyan & Kampoeng Wisata Batik Kauman, kemudian ada tiga besar saudagar batik besar: Semar, Danarhadi dan Keris, sementara masih banyak lagi pengusaha batik yang tersebar di kota Solo baik itu yang menengah atau yang home industry.

Di kampung batik ini kita dapat dengan mudah melakukan belanja batik langsung ke pengrajin dan melihat proses produksi. Hal lain yang menarik adalah adanya tempat pembelajaran batik yang disediakan untuk pengunjung atau wisatawan yang ingin belajar batik dan merasakan hidup di lingkungan pengrajin batik sehingga bisa merasakan batik tidak hanya saja sebagai fashion, tapi batik sebagai proses budaya dan sosial.
Batik sebagai aset budaya dan sebagai penunjang ekonomi rakyat memang harus seiring sejalan. Geliat batik benar-benar terasa di kota Solo, ini bisa dilihat dengan gairah para usahawan batik yang berada di Kampoeng Batik Laweyan dan yang di Kampung Wisata Batik Kauman. Gunawan Setiawan, Ketua Paguyuban Usahawan Batik Kauman yang sekaligus pemilik Gallery Batik Gunawan Setiawan bersama kawan-kawannya menjelaskan kemajuan pesat tentang jumlah UKM batik di kampungnya itu, yang sekarang telah mencapai 44 UKM. Masing-masing UKM punya ciri khas masing-masing, mulai dari yang cuma sebagai kepanjangan usaha dari pengrajin, kemudian ada yang memang kuat modalnya & memang mempekerjakan pengrajin, hingga yang menjual khusus batik tulis, batik cap, motif pakem sampai dengan yang kontemporer. Lorong-lorong Kampung Kauman benar-benar terasa hidup, walau utamanya batik, tapi usaha lain pun tak kalah ikut meriah, seperti mereka yang berjualan baju muslim dan kerudung, warung makan sampai homestay. Kejayaan batik sebagai produk asli Indonesia diharapkan bisa kembali mencuat dan mendunia.


Comments :

0 komentar to “Kampung Wisata Batik Kauman Solo”


Posting Komentar